#amateureview : #7 Asgeir Trausti

Suatu ketika di tahun 2012, ada sebuah wacana dari pemilik blog ini untuk membuat "review" amatiran (padahal cuma sharing, review itu biar terlihat keren aja~ ) dari musisi/ bands yang lagi tune di telinganya. Wacana tetaplah wacana karena baru setahun berselang, #amateureview akhirnya ditulis lagi -__-a payah banget lah. Sebenernya dibalik ketidak produktifan pemilik blog ini dalam me-review musisi/ bands kesukaannya ada sisi freak dari pemilik blog. FREAK? What kind of freak? Jadi aku si pemilik blog ini suka overexcited sama musik yang lagi aku dengerin, entah itu musik baru atau musik lama selama nyantol di kuping dan bikin merinding pasti selalu overexcited. Nah masalahnya, Aku suka share musik- musik itu ke orang- orang yang aku rasa bakalan ngerasa excited juga karena genre- genre dari musik itu suits banget ke mereka. Tapi yang didapat adalah, biasa aja -__-a padahal maksud hati pengen diskusi tentang musik dari musisi/ bands itu tapi karena cuma aku yang overexcited jadinya biasa aja hiikkkks.

Sebenernya review ini sifatnya amatiran, kalo mau lihat review yang pro monggo dilihat kanalnya NME atau Rollingstones atau pitchfork kalo ada hehehe ^^. So, here we go..

Jadi beberapa bulan yang lalu, mataku tiba- tiba mendelik waktu lihat twit dari siapa ya, entah pitchfork atau NME lupa yang bilang kalo ada "New Uprising Icelandic Musician" yang umurnya masih 21 tahun dan penjualan album debut nya mengalahkan penjualan album Sigur Ros dan Bjork. WHAT? nooo way! Langsung aku buka linknya dan muncullah nama Asgeir (who the hell is dat?). Ternyata linknya menyertakan akun soundcloud official dari si artist, meluncur langsung ke soundcloudnya. Lagu pertama yang aku dengerin judulnya Lupin Intrigue karena namanya paling asing ditelinga gitu. Klik. Langsung merinding, dammit. Luar biasa karena si Asgeir ini main piano trus ada kaya suara efek- efek gitu buat beatnya. Suara vocalnya pun bikin merinding karena pitch nya tinggi tapi ada vibrasinya dikit. Melodinya juga menyenangkan, ala- ala Bon Iver gitu tapi menurutku ini lebih ultimate. Habis itu dengerin lagu selanjutnya yang ada di soundcloudnya yang judulnya Kings and cross sama Torrent. Ternyata luar biasa semua dan aku langsung eargasm saat itu juga lalu cari tahu semua informasi tentang Uprising Artist yang satu ini.

Setelah cari info- info gitu ternyata ada banyak banget facts yang mencengangkan. Ternyata, rumornya album debutnya si Asgeir ini ga cuma mengalahkan penjualan album Sigur Ros sama Bjork, tapi juga album Mugison, all time sold album ever released in Iceland. What the hell *pura-puranya speechless* Dan ternyata lagu- lagu yang aku dengerin di soundcloud itu hanya beberapa cuilan dari album barunya si Asgeir yang bakalan rilis besok 27 Januari 2014. Album barunya yang besok rilis ini adalah album versi "internasional" dari album debutnya. Jadi album debutnya, judulnya Dýrð í dauðaþögn (mbuh piye bacanya -_-) diterjemahkan ke versi bahasa inggris "In The Silence". Semua lagu nya Asgeir di album Dýrð í dauðaþögn (dulu dia rilis pake nama Asgeir Trausti) pake bahasa islandia dan di album In the Silence besok katanya lagunya sama kaya album Dýrð í dauðaþögn cuma versi bahasa inggris gitu. Nah ternyata, di dunia internet dan di forum muncul perdebatan antar fans Asgeir tentang pentingnya rilis album versi bahasa inggris itu. Banyak fans yang berpendapat, Asgeir ga perlu mengeluarkan versi bahasa inggris dari albumnya karena dengan lagu -lagu berbahasa islandia nya, Asgeir sebenernya mampu bikin world Tour ala Sigur Ros yang notabenenya semua lagunya ga ada yang liriknya berbahasa inggris. Mending cek lagu- lagunya aja! :D. Lagu- lagu ini yang jadi favourite ku sejauh ini dari mas Asgeir~

1. Torrent


Ini beatnya sama progresi vocalnya mas Asgeir bisa enak banget gini yak :'

2. Lupin Intrigue



Asgeir ternyata multi- instrumentalist , bisa main piano juga (aslinya dia main gitar)

3. Kings and Cross


4. Full Performance at KEXP


Beberapa lagunya Asgeir yang masih pake bahasa Iceland, one of these songs is my favourite.. Sumargestur (Summer Guest)

5. Samhjómur


Sejauh ini aku paling suka sama lagu yang ini. Suka banget banget banget

So thats it, Hail Icelandic musicians! 
Oiya aku pernah denger cerita gitu, katanya kalo di Iceland, Guru musik di SD ga boleh bilang "salah" ke anak didiknya tentang musik yang mereka mainkan. Makanya sekarang eksplorasi orang- orang Iceland terhadap musik ga bisa di nalar saking geniusnya. Coba lihat Sigur Ros, Olafur Arnalds, Bjork etc. Yakan?

1 comments:

Tria Saraswati | February 5, 2014 at 10:56 PM

Thank you for sharing! Langsung download :))