The Owners

"Whats your all time favourite song?"

Pertanyaan ini menurutku adalah salah satu pertanyaan yang susah untuk dijawab. Katakanlah pertanyaan ini sesusah pertanyaan "Who's your all time favourite friend?". Susah kan? Karena pada dasarnya kita ketemu dengan banyak banget orang, yang pada akhirnya jadi teman dan lalu bersama teman kita membangun memori yang kuat. Memori tentang apapun, dari yang buruk sampe yang bagus banget. Kaya gitu juga berlaku buat lagu. Coba dipikir- pikir kira- kira selama kita hidup sampe sekarang berapa jumlah lagu yang udah didengerin? Dan pasti dari ratusan atau mungkin ribuan lagu yang udah kita dengerin sampe sekarang, pasti banyak deh lagu- lagu yang kita suka banget sampe susah buat milih apa lagu terbaik sepanjang hidup.

Aku punya kebiasaan buruk ( atau mungkin malah kebiasaan bagus yak? i dont know hiks) yaitu melekatkan satu (atau lebih) lagu ke orang- orang tertentu atau peristiwa- peristiwa tertentu.  Kebiasaan melekatkan lagu ke orang atau peristiwa itu bener- bener ga pandang bulu, bisa ke semua orang. Enemies, friends, best friends, family, lovers, ex(es) bahkan ke orang yang sebatas cuma tau namanya doang. Bisa juga ke semua peristiwa. Random lah pokoknya.

Saking sukanya melekatkan lagu ke orang atau peristiwa tertentu, membedakan lagu yang menyenangkan dan lagu sedih itu jadi hal yang susah. Oke katakanlah lagu A tahun 2013 adalah lagu yang super menyenangkan karena melodius, liriknya ceria, atmosfir lagunya bikin bergoyang dan bersemangat. Tapi lagu A bisa aja jadi lagu yang sangat sedih di tahun 2016 meskipun faktanya lagunya melodius, atmosfer lagunya bikin bersemangat bla bla bla. Kenapa bisa gitu? soalnya misal bisa aja nih tahun 2013 lagu itu adalah lagu yang bikin bersemangat aku dan mahasiswa lain seperjuangan dan seangkatan di kampus yang dapet tekanan di bidang akademis (sekalian sedikit curhat hehe). Di tahun 2016? Kondisi pasti udah beda. Aku udah dapet kerja di tempat tertentu dan teman- teman seperjuangan itu juga bakal punya hidup masing- masing. Ketika dengerin lagu itu pasti pikiran bakalan terbang di tahun- tahun perjuangan bersama temen di tahun 2013 dan lagu itu bakalan jadi lagu sedih karena masa- masa itu ga bakalan bisa keulang lagi toh?

Lagu bekerja seperti memori(es). Someone said, "Memori paling indah adalah memori yang paling menyedihkan, karena kita tahu memori itu tidak akan bisa diulang kembali". Bener kan? Hal ini yang bikin susah untuk mendefinisikan apakah lagu itu lagu yang menyenangkan atau lagu yang bikin sedih dalam rentang waktu lama. Semacam kaya ga ada yang pasti di dalam lagu- lagu yang pernah didengerin. Kembali ke pertanyaan Lagu favorit sepanjang masa, pertanyaan itu menjadi lebih sulit buat aku karena aku pingin lagu favorit sepanjang masa ku adalah lagu yang menyenangkan, tapi yang aku dapat adalah lagu yang paling sedih karena pasti lagu itu mengingatkan sama orang atau peristiwa tertentu yang pasti ga bisa diulangi lagi. Am I too complicated?

Tapi yasudah lah, pertanyaan apa lagu paling favorit sepanjang masa ga harus di jawab karena ga ada yang ngelarang buat milih lebih dari satu lagu untuk jadi lagu paling favorit hehe (antiklimaks)